PROGRAM
TAHUNAN
Sekolah : MTs. ........................
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas / Semester : VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2008 / 2009
Target Nilai Portah :
55
Sem
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
|
BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat
operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
1.1 Melakukan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan
|
Ø Bilangan Bulat dan
Bilangan Pecah
|
|
|
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.
|
Ø Bilangan Bulat dan
Bilangan Pecah
|
|
|
||
ALJABAR 2. Memahami
bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
|
2.1 Mengenali bentuk
aljabar dan unsur unsurnya
|
Ø Bentuk aljabar
|
|
|
|
2. 2 Melakukan operasi
pada bentuk aljabar
|
Ø Bentuk aljabar
|
|
|
||
2.3.Menyelesaikan
pesamaan linear satu variabel.
|
Ø Persamaan linear satu
variabel
|
|
|
||
2.4. Menyelesaikan
pertidaksamaan linear satu variabel.
|
Ø Pertidaksama an linear
satu variabel
|
|
|
||
ALJABAR 3.
Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu
variabel,
|
3.1 Membuat model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel
|
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
|
3.2 Menyelesai kan model
matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
|
Ø Persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
|
|
|
||
3.3 Mengunakan konsep aljabar
dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
|
Ø Perbandingan dan
aritmetika sosial
|
|
|
||
3.4 Mengguna kan perbandingan
untuk pemecahan masalah
|
Ø Perbandingan
|
|
|
||
Ulangan Harian
Ulangan Mid Semester
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 1
|
|
|
|||
2
|
ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan
dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
|
4.1 Memahami pengertian dan notasi
himpunan, serta penyajiannya
|
Ø Himpunan
|
|
|
4.2 Memahami konsep
himpun an bagian
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.3 Melaku kan operasi irisan,
gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.4 Menyaji kan himpunan
dengan diagram Venn
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
4.5 Menggu nakan konsep himpunan
dalam pemecahan masalah
|
Ø Himpunan
|
|
|
||
GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis
dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
|
5.1Menentukan hubungan
antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
|
Ø Garis dan Sudut
|
|
|
|
5.2 Mema hami sifat-sifat sudut
yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan
dengan garis lain
|
Ø Garis dan sudut
|
|
|
||
5.3 Melukis sudut
|
Ø Garis dan sudut
|
|
|
||
5.4 Membagi sudut
|
Ø Garis dan sudut
|
|
|
||
GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat
dan segitiga serta menentukan ukurannya
|
6.1 Mengidenti fikasi
sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
|
|
|
6.2 Menginden ti fikasi
sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat
dan layang-layang
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
|
|
||
6.3 Menghi tung keliling dan luas bangun
segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Ø Segiempat dan segitiga
|
|
|
||
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi,
garis berat dan garis sumbu
|
Ø Segitiga
|
|
|
||
Ulangan
Harian
|
|
|
|||
Ulangan
Mid Semester
|
|
|
|||
Remidi+Pengayaan
|
|
|
|||
JUMLAH SEMESTER 2
|
|
|
.....................................
Mengetahui
Kepala
MTs. ........................ Guru Mata Pelajaran
................................................. .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar