RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam
pemecahan masalah
ALOKASI
WAKTU : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama Kedua. Ketiga dan
keempat.
Setelah
selesai pembelajaran diharapkan :
1. Peserta didik dapat
mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
2. Peserta
didik dapat menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama dan Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit
2.
Mengingat kembali syarat dua segitiga yang sebangun.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat mengamati perbandingan
sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
Pertemuan Ketiga dan keempat.
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Membahas PR
yang sulit
2. Mengingat kembali syarat dua segitiga yang
sebangun.
- Motivasi : 1. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk
menampilkan dua bangun datar
F Meminta Peserta didik maenghitung
dan membandingkannya
F Membimbing peserta didik untuk
menemukan cara menyelesaikannya
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Sumber lain yang relevan
F. PENILAIAN HASIL
BELAJAR
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menentukan perbandingan
sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
· Memecahkan masalah yang
melibatkan kesebangunan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
· ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian
dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm,
maka panjang sisi QR adalah ….
· Sebuah foto ukuran 3 X
4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk
membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2.
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......,
............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar