RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.1.
Mengidentifikasi bangun – bangun datar yang sebangun dan kongruen.
ALOKASI
WAKTU : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
- Pertemuan Pertama dan Kedua,
1. Peserta didik dapat
mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2. Peserta
didik dapat mendiskusikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model
Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode
Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama dan Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi
: Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau
halaman.
- Motivasi
: 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk
mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
E. SUMBER
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1 untuk kelas IX SMP
dan Mts.
Sumber lain yang relevan
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
|||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
||||
· Mendiskusikan dua
bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
· Mengidentifikasikan dua
bangun datar sebangun atau kongruen
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Daftar pertanyaan
|
· Bangun-bangun manakah yang sebangun dan
manakah yang kongruen? Mengapa?
1 2 3
4 5 6
· Apakah kedua bangun
berikut ini kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......,
............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Memahami
peluang kejadian sederhana
KOMPETENSI
DASAR : 4.2. Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
ALOKASI
WAKTU : 6 Jam Pelajaran (3 pertemuan)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN.
Pertemuan
Pertama, Kedua dan ketiga.
Setelah
pembelajaran selesai Peserta didik diharap dapat :
1.
Menghitung peluang masing-masing titik sample pada ruang sample suatu
percobaan.
2.
Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Peluang
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran
kooperatif
2. Metode Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab
dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama, Kedua dan ketiga.
Pendahuluan
- Apersepsi
: 1. Membahas PR yang sulit.
2.
Mengingat kembali pembelajaran sebelumnya.
- Motivasi
: 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode
pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kegiatan tanya jawab
untuk merumuskan pengertian peluang masing-masing titik sampelnya
F Melakukan penjelasan dengan
menghitung peluang dengan pendekatan frekuensi relatif
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta siswa untuk duduk dalam
tatanan pembelajaran kooperatif.
F Meminta wakil masing-masing
kelompok untuk melakukan perhitungan
F Membimbing kelompok dalam
melakukan kegiatan pada LKS
F Meminta siswa untuk menulis hasil
pengamatan dan melengkapi LKS
F Mengecek hasil kerja kelompok
dengan menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasilnya
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Merangkum hasil dari menghitung peluang
masing-masing titik sampelnya dan pendekatan frekuensi relatif
F Memberikan tugas rumah untuk menyelesaikan
soal-soal pada buku siswa.
E. SUMBER
BELAJAR
1. Buku
siswa
2. LKS
3. Sumber
lain yang relevan
4. Kertas
berpetak/grafik
F.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menghitung peluang
masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
· Menghitung nilai
peluang suatu kejadian.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
· Sebuah dadu dilambungkan satu
kali. Peluang muncul mata 4 adalah ......
· Dua buah dadu dilambungkan
satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah
peluang terjadinya peristiwa A?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK :…………..……………….
|
........., ......,
............... 20...
Guru Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK :…….…………….
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : .............................
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : IX / 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI : 3. Melakukan pengelolaan dan penyajian
KOMPETENSI DASAR : 3.1. menentukan rata– rata ,median dan
modus data tunggal serta penafsirannya
ALOKASI
WAKTU : 8 Jam Pelajaran (4 pertemuan)
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN.
Pertemuan
Pertama Kedua,ketiga dan keempat.
Setelah
pembelajaran selesai Peserta didik diharap dapat :
1.
Mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally
2.
Mengurutkan data tunggal,mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data
3.
Menentukan rata-rata,median , modus data tunggal serta penafsirannya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI
PEMBELAJARAN
Statistika
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Metode
Pembelajaran: Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
Pertama dan kedua.
Pendahuluan
Motivasi :
Kegunaan statistik pada kehidupan sehari-hari.
Kegiatan
inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diminta untuk mengumpulkan
data dengan mencacah, mengukur dan mencacat hasil
dengan turus selanjutkan melengkapi LKS
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Secara individu siswa diberi permasalahan
untuk menghitung luas selimut dan volum benda-benda yang berbentuk tabung,
kerucut dan bola yang ada hubungan dengan kehidupan sehari-hari.
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Memberikan tugas rumah untuk menyelesaikan
soal-soal pada Asah Kemampuan
Pertemuan
Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi
: Membahas PR yang sulit
- Motivasi : mengingatkan kembali materi pertemuan
sebelunya.
Kegiatan
inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta siswa menyebutkan data terkecil,
terbesar dan jangkauan data tunggal
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Secara individu siswa diberi permasalahan
untuk menghitung luas selimut dan volum benda-benda yang berbentuk tabung,
kerucut dan bola yang ada hubungan dengan kehidupan sehari-hari.
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
Pertemuan Ketiga.
Pendahuluan
- Apersepsi
: Membahas PR yang sulit.
- Motivasi :
Mengingkatkan kembali materi pertemuan yang telah lalu
Kegiatan inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan kegiatan dengan
mengitung mean,modus,median
F Melakukan kegiatan dengan
menjelaskan makna mean,modus,median dari data tunggal
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk duduk
membentuk kelompok 4 – 5 Peserta didik
F Meminta wakil masing-masing
kelompok untuk melakukan perhitungan dan
menjelaskannya
F Membimbing kelompok dalam
melakukan kegiatan pada LKS
F Meminta Peserta didik a untuk
menulis hasil pengamatan dan melengkapi LKS
F Mengecek hasil kerja kelompok
dengan menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasilnya
F Mendiskusikan hasil kerja
kelompok..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Memberikan tugas rumah untuk menyelesaikan
soal-soal pada Asah Kemampuan
E. SUMBER
BELAJAR
a. Buku Matematika
untuk kelas IX SMP dan Mts.
b. Sumber
lain yang relevan
c.
Data-data pengukuran
F.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Mengumpulkan data dengan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
·
Mengurutkan data tunggal,
mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
·
Menentukan rata-rata, median,
modus data tunggal serta penafsirannya.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
·
Perolehan 12 siswa adalah
seba-gai berikut.
54, 66,
72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76
1.Buatlah
tabel skor dengan turus.
2.Berapa
banyak siswa yang mendapat nilai 72?
·
Umur 10 siswa SD adalah sebagai
berikut.
6, 6, 10, 9, 7, 8, 10,
6, 8, 9.
a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang
terbesar
b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua
·
Hasil ulangan 8 siswa adalah
sebagai berikut.
7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7.
a. Hitunglah rata-rata, median dan modus.
b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut?
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs …………….
(
......................................................... )
NIP/NIK
:…………..……………….
|
|
.........,
......, ............... 20...
Guru
Mapel Matematika.
(
............................................ )
NIP/NIK
:…….…………….
|
mantap lah kang
BalasHapus