Senin, 07 Mei 2012

METODE PENGAJARAN MATEMATIKA

Dalam proses belajar mengajar disekolah khususnya dan lembaga-lembaga pendidikan umumnya terdapat banyak sekali metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran baik pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya, sehinggatujuan pembelajaran yang ditetapkan dapat tercapai.                                        1.     Metode Penemuan
Metode penemuan adalah suatu cara untuk menyampaikan ide/gagasanlewat proses menemukan dimana siswa menemukan sendiri pola-pola melaluisederetan pengalaman belajar yang lampau. Metode penemuan merupakan metodeyang penting dalam proses belajar mengajar matematika, walaupun ruang lingkupaplikasinya mempunyai batas-batas tertentu. Hal ini sesuai dengan apa yangdikemukakan oleh Praktiknyo Prawironogoro dalam Buku Metode-MetodeMengajar yaitu“....bentuk discoveri dalam pengajaran matematika sangat penting, hal initidak hanya digunakan untuk pelajaran yang baru diajarkan, tetapi dapatdigunakan kembali untuk pelajaran ulangan dan pemahaman”.Di dalam metode penemuan ini siswa dipacu untuk lebih aktif belajar karena siswa harus menemukan sendiri pola-pola dan struktur matematika melalui pengalaman belajar yang lampau, demikian pula dalam pelaksanaannya siswaditolong oleh guru dalam memecahkan masalah selangkah demi selangkah,dimana guru memberikan petunjuk atau intruksi kepada siswa apabila mereka belum mampu menemukan ide atau gagasan yang dimaksud.Menurut Herman Hudoyo tujuan pengajaran matematika denganmenggunakan metode penemuan antara lain :-Agar siswa kelak kemudian harus tabah menghadapi berbagai persoalan dan berusaha menghadapi kesulitan-kesulitan yangdihadapinya.-Agar siswa terlibat aktif dalam menemukan pola dan struktur matematika-Agar siswa dapat memahami konsep dan teorema lebih baik danmampu mengaplikasikannya dalam kehidupan.-Agar siswa bergairah dalam mempelajari matematika.Selanjutnya Hudoyo mengatakan bahwa metode pengajaran mempunyaikelebihan dan kekurangan, demikian juga halnya dengan metode penemuan ini.Adapun kelebihan dan kekurangan metode penemuan sebagai berikut :                                              Kelebihannya :                                                                             a.    Dapat melatih ketrampilan siswa mengamati sesuatu cara memecahkan persoalan dan melatih siswa secara teratur terlibat dalam bimbingan penemuan.
b.    Siswa benar-benar dapat memahami suatu konsep atau rumus karenamereka mengalami sendiri proses untuk mendapatkan rumus.
c.    Siswa akan memahami konsep dan teorema lebih baik, ingat lebihlama dan aktif dalam proses belajar mengajar.
d.    Metode ini memungkinkan siswa mengembangkan sifat ilmiah danmenimbulkan semangat ingin tahu dari para siswa.e.Metode ini memberi pandangan ilmu yang luas kepada siswa menujuke arah keberhasilan.
Kekurangannya :                                                                                 a.    Tidak semua topik matematika dapat diterapkan dalam metode penemuan.
b.    Bila jumlah siswa lebih besar akan memberatkan guru dalammemberikan bimbingan penemuan.
c.    Bagi siswa yang lamban akan mengalami frustasi karena tidak dapatmenyelesaikan temuannya.
d.    Memerlukan waktu yang relatif lebih banyak.
                                                                                                2.    Metode Pemecahan Masalah
Metode ini sangat tepat digunakan dalam proses belajar mengajar matematika, seperti yang dikatakan oleh P Manulu dalam bukunya yang berjudulStrategi Mengajar dengan Pemecahan Masalah bahwa :Pemecahan masalah yang bersifat matematika dapat menolong siswameningkatkan daya analisis dan dapat membantu mereka dalam pemakaian daya ini pada berbagai situasi. Pemecahan masalah juga dapatmenolong siswa dalam mempelajari fakta, ketrampilan, konsep dan prinsipmatematika.Adapun kelebihan dan kekurangan metode pemecahan masalah ini adalahsebagai berikut :                                                              Kelebihannya :                                                                                  a.    Dengan metode ini potensi intelektual dari dalam diri siswa akanmeningkat.
b.    Dengan meningkatkan potensi intelektual dari dalam diri siswamaka akan menimbulkan motivasi intern bagi siswa.
c.    Dengan menggunakan metode ini menyebabkan materi yang telahdipelajari akan tahan lama.                                                                      Kekurangannya :                                                                          a.     Bagi siswa yang sangat kurang pemahaman dasar matematika maka pengajaran dengan metode ini akan sangat membosankan danmenghilangkan semangat belajarnya.                                                                                 b.    Bila guru tidak berhati-hati dalam memilih soal pemecahan masalahakan berubah fungsinya menjadi latihan, apabila tanpa memahami konsep yang dikandung soal-soal tersebut.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            

                                                                                             3.    Metode Laboratorium
Metode laboratorium adalah suatu metode dimana siswa berusahamenemukan problema-problema dan fakta-fakta matematika. Pada prinsipnyametode laboratorium dilaksanakan oleh siswa sambil bermain, mengobservasi dan bekerja mulai dari konkrit ke abstrak, hasil permainan tersebut memungkinkan siswa menemukan konsep-konsep atau generalisasi di dalam matematika. Untuk lebih jelasnya E.T. Russeffendi menjelaskan dalam buku Dasar-Dasar MatematikaModern untuk Guru sebagai berikut :....mengajar dengan metode laboratorium adalah mengajar yangmemberikan kesempatan bagi siswa untuk memahami suatu objek langsung matematika dengan jalan mengkaji, menganalisa, menemukansecara induktif melalui inkuiri, merumuskan dan mengetes hipotesa danmembuat kesimpulan dari benda-benda konkrit atau modelnya dandilakukan di laboratorium matematika.                                                           Kelebihannya :                                                                                  a.    Memungkinkan siswa bekerja bebas tanpa tergantung pada orang lainsehingga membantu pertumbuhan siswa.
b.    Konsep atau generalisasi matematika berjalan sesuai dengan prinsip- prinsip psikologis yaitu dari yang konkrit kepada yang abstrak.
c.    Pengertian akan didapat oleh siswa atas dasar hasil kerjanya sendiri.
Kekurangannya :                                                                         a.    Memerlukan waktu yang relatif lama.
b.    Menyebabkan proses belajar mengajar menjadi lambat.
c.    Tidak semua topik matematika dapat diajarkan dengan metodetersebut.
d.    Kecendrungan para siswa untuk saling menyontoh.
e.    Metode ini hanya cocok digunakan untuk kelas rendah.
                                                                                              4.    Metode Diskusi
Pada prinsipnya metode ini akan mendorong siswa berpikir sistematisdengan menghadapkannya kepada masalah-masalah yang akan dipecahkan. Agar diskusi dapat berjalan dengan baik, maka guru harus memperhatikan beberapasyarat. Adapun syarat-syarat tersebut seperti dikemukakan oleh Winarno Surachmat dalam buku Metode Pengajaran Nasional, yaitu :                                                       a.    Menarik minat siswa sesuai dengan tarafnya.
b.    Mempunyai kemungkinan-kemungkinan jawaban lebih dari sebuahuntuk dapat dipertahankan.
c.    Pada umunya tidak menerangkan manakah jawaban yang benar, tetapilebih mengutamakan hal yang mempertimbangkan danmembandingkan.
Metode diskusi ini pada umumnya akan membuat suasana kelas lebih hidup, karena siswa lebih aktif dan bersemangat dimana setiap siswa (kelompok)mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapat mereka masing-masing.Jadi metode diskusi ini merupakan proses belajar mengajar yang menyebabkanterjadinya interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru.Metode diskusi mempunyai tujuan antara lain :-Menanamkan dan mengembangkan keberanian untuk mengemukakan pendapat sendiri.-Mencari kebenaran secara jujur melalui pertimbangan pendapatyang mungkin saja berbeda antara satu dengan lainnya.-Belajar menemukan kesepakatan pendapat melalui musyawarah.-Memberikan kehidupan kelas yang lebih mendekati kegiatan hidupyang sebenarnya.            Kelebihannya :                                                                                   a.    Siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar.
b.    Siswa memperoleh kebebasan mengeluarkan pendapatnya sendiri,yang pada akhirnya akan melatih siswa untuk berani mengeluarkan pendapat.
Kekurangannya :                                                                                a.    Akan didominasi oleh siswa yang pandai sedangkan siswa yangkurang pandai akan menjadi pasif sehingga bertindak sebagai pendengar saja.
b.    Jika anggota kelompok tidak ada yang pandai, maka kelompok tersebut menjadi pasif, dengan demikian proses belajar mengajar tidak efisien.
c.    Memerlukan waktu yang banyak.
                                                                                                  5.    Metode Ceramah
Metode ceramah adalah suatu cara penyampaian atau penyajian bahan pelajaran dimana hanya dipergunakan suara oleh pengajar di kelas. Dalam metode ceramah ini guru memegang peranan utama, jadi jarang sekali digunakan dalammatematika karena sifatnya yang didominasi oleh guru.Agar metode ceramah ini dapat mencapai hasil yang baik, maka setiapguru yang menggunakan metode tersebut harus memperhatikan beberapa langkahagar memperoleh hasil yang baik, langkah-langkah tersebut ditemukan oleh W.James Pophan dan Evi Baker yang dikutip oleh Amirul Hadi dan dikemukakandalam bukunya yang berjudul Tehnik Mengajar Secara Sistematis, antara lain :                                                                        a.    Menyelidiki apakah metode ceramah cocok untuk digunakan.
b.    Merumuskan tujuan bahan pengajaran.
c.    Menetapkan bagian-bagian pelajaran yang akan dijelaskan.
d.    Mengarahkan perhatian siswa pada pokok masalah yangdiceramahkan.
e.    Menanamkan pengertian yang jelas.
f.    Mengadakan evaluasi untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan khusustelah tercapai.
Kelebihannya :                                                                                        a.    Isi silabus dapat diselesaikan menurut jadwal.
b.    Guru dapat menguasai seluruh kelas.
c.    Semua siswa mempunyai kesempatan yang sama di dalam pendengarannya.
d.    Konsep atau keterangan yang disampaikan guru dapat berurut.
Kekurangannya :                                                                                  a.    Materi yang diceramahkan mudah dilupakan oleh siswa, karena beradadalam belajar matematika lebih mengutamakan proses berpikir siswa.
b.    Siswa menjadi pasif karena mereka tidak mempunyai kesempatanuntuk menemukan sendiri.
c.    Pada umunya siswa memahami masalah secara vertikal.
d.    Guru tidak mengetahui sampai di mana siswa dapat mengerti ataumenguasai apa yang telah diberikan, karena tidak mengetahuikesukaran yang dihadapi siswa.
e.    Menimbulkan rasa bosan pada siswa sebab tidak membangkitkangairah dan rasa tertarik dari siswa.
                                                                                                   6.    Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalah suatu cara mengajar di mana gurumerencanakan/memberikan suatu soal, problem atau kegiatan yang harusdiselesaikan siswa dalam jangka waktu tertentu. Dalam matematika metode inimerupakan salah satu metode yang dirasakan sangat bermanfaat, karena pemberian tugas kepada siswa akan menguatkan tentang apa-apa yang telahdipelajari dalam pelajaran matematika.Beberapa faktor yang mempengaruhi metode ini antara lain siswa, guru,fasilitas pengajaran dan bahan (tugas) yang akan diberikan. Pemberian tugas ini biasanya dilaksanakan setelah bahan-bahan pokok diberikan. Dengan pemberiantugas ini diharapkan siswa dapat menyelesaikan tugas (bahan) pelajaran yangtelah diberikan dengan baik dan benar. Menurut Team Didaktik Metodik Kurikulum IKIP Surabaya menyatakan bahwa : “Pemberian tugas biasanyadilaksanakan setelah bahan pelajaran diberikan, yang bertujuan supaya siswa belajar melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan dan petunjuk-petunjuk gurukemudian siswa membuktikan hasil belajarnya.Ada beberapa tujuan metode pemberian tugas diantaranya :-Membimbing siswa untuk mempersiapkan diri mengenai bahan pelajaran yang telah atau akan diberikan.-Mendidik atau memperluas bahan pelajaran karena keterbatasanwaktu yang dapat diberikan di kelas.-Mendidik siswa agar mengerjakan suatu tugas dengan sebaik- baiknya dengan penuh tanggung jawab.-Mengembangkan inteligensi dan kecakapan siswa secara individu.Kelebihannya :                                                                   a.    Dapat meningkatkan frekuensi belajar siswa dengan tidak nenyitawaktu belajar di sekolah/jam pelajaran.
b.    Mendidik siswa untuk belajar sendiri.
c.    Membina rasa tanggung jawab.
d.    Melatih anak kepada norma-norma disiplin.
e.    Memperluas dan memperkaya pengalaman belajar serta ketrampilan.
Kelemahannya :                                                                                  a.    Guru tidak dapat mengatasi langsung pelaksanaan tugas ini sehinggakemungkinan siswa akan menyontek kepada temannya.
b.    Jika semua pelajaran diberikan tugas maka tugas siswa menjadi bertumpuk, hal ini menyebabkan kebosanan dan kesukaran siswadalam membagi waktu untuk mengerjakan semua tugas yangdibebankan guru terhadapnya.
c.   Siswa tidak mampu mengerjakan tugasnya akan berusaha menghindari pelajaran tersebut dengan berbagai alasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar