Silabus PEMBELAJARAN
Sekolah :
.................................
Kelas :
VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Matematika
Semester :
I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua va-riabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua variabel
|
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV
|
· Menyebutkan perbedaan
PLDV dan SPLDV
|
Tes lisan
|
Uraian
|
Perhatikan bentuk 4x + 2 y = 2
x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem
persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apa variabelnya?
d. Disebut
apakah bentuk tersebut?
|
2x40mnt
|
Buku teks dan lingkungan
|
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan
variabel
|
·
Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Manakah yang merupakan SPLDV?
a. 4x + 2y = 2
x
– 2y = 4
b. 4x + 2y ≤ 2
x – 2y = 4
c. 4x + 2y > 2
x – 2y = 4
d. 4x + 2y – 2 = 0
x – 2y – 4 = 0
|
2x40mnt
|
|||
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan
eliminasi
|
·
Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV
berikut ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
|
2x40mnt
|
|||
2.2
Membuat ma-tematika dari masa-lah yang berkaitan dengan sistem per-samaan
linear dua variabel
|
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika
berbentuk SPLDV
|
·
Membuat matematika dari masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan SPLDV
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil
dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.
|
2x40mnt
|
|
2.3 Menyele-saikan mo-del mate-matika dari
masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel dan
penaf-sirannya
|
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
|
Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam matematika dalam
bentuk SPLDV
|
·
Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV berikut:
2x + 3y = 8
5x - 2y
=1
|
2x40mnt
|
|
Menggunakan grafik garis lurus untuk
menyelesaikan matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya
|
·
Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis
lurus
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Selesaikan SPLDV
4x + 5y = 19
3x + 4y = 15
dengan menggunakan grafik garis lurus dan
merupakan apakah hasilnya?
|
4x40mnt
|
|||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar