Kamis, 17 Mei 2012

Silabus Matematika


Silabus PEMBELAJARAN



Sekolah                     : .................................
Kelas                         : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran      : Matematika
Semester                   : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian   Kompetensi 
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
2.1 Menyele-saikan sis-tem persa-maan line-ar dua va-riabel


Sistem Persamaan Linear Dua variabel
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV


·   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV




Tes lisan
Uraian
Perhatikan bentuk   4x + 2 y = 2
                                   x – 2y = 4
a.   Apakah merupakan sistem
     persamaan?
b.   Ada berapa variabel?
c.   Apa variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
2x40mnt
Buku teks dan lingkungan
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
·   Menjelaskan SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel


Tes tertulis
Isian singkat
Manakah yang merupakan SPLDV?
a.       4x + 2y = 2
        x – 2y = 4
b.       4x + 2y   2
        x – 2y = 4
c.   4x + 2y >  2
        x – 2y = 4
d.       4x + 2y – 2 = 0
        x – 2y – 4 = 0
2x40mnt
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
·   Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV berikut ini:
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
2x40mnt
2.2 Membuat ma-tematika dari masa-lah yang berkaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Mengubah masalah sehari-hari ke dalam matematika berbentuk SPLDV


·   Membuat matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
Tes tertulis
Uraian
Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp15 000,00. Tulislah matematikanya.
2x40mnt
2.3  Menyele-saikan mo-del mate-matika dari masalah yang ber-kaitan dengan sistem per-samaan linear dua variabel dan penaf-sirannya
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam matematika dalam bentuk SPLDV

·   Menyelesaikan matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV berikut:
     2x + 3y = 8
     5x  - 2y =1
2x40mnt

Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya

·   Menyelesaikan SPLDV dengan menggunakan grafik garis lurus
Tes tertulis
Uraian
Selesaikan SPLDV
 4x + 5y = 19
 3x + 4y = 15 
dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?
4x40mnt
v  Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar